Pendaftar SNMPTN Undip capai 56.832 orang

Share on :
Jumlah pendaftar Universitas Diponegoro Semarang melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi pada 2014 mencapai sebanyak 56.832 orang. "Total pendaftar Undip lewat jalur SNMPTN tahun ini mencapai 56.832 orang terbagi atas pilihan I dan pilihan II," kata Pembantu Rektor I Undip Hertanto Wahyu S di Semarang, Selasa.

Hingga batas akhir pendaftaran SNMPTN pada 31 Maret 2014, ia menyebutkan pendaftar pilihan I Undip mencapai sebanyak 31.018 orang, sementara pendaftar pilihan II sebanyak 25.814 orang.

Menurut dia, jumlah pendaftar pada tahun ini melalui jalur SNMPTN memang mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat jumlah pendaftar SNMPTN tahun lalu sekitar 53 ribu orang. "Undip pada tahun ini menyediakan sebanyak 47 program studi, terdiri atas 32 program ilmu pengetahuan alam (IPA) atau eksakta dan 15 program studi ilmu pengetahuan sosial (IPS)," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, tingkat persaingan pendaftar untuk masuk ke Undip melalui SNMPTN memang kian ketat, terutama di program studi favorit, seperti kedokteran, akuntansi, dan manajemen. Meski demikian, ia mengatakan pendaftar yang tidak diterima lewat SNMPTN bisa mencoba jalur berikutnya, yakni seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri. Berkaitan dengan aturan SNMPTN yang membatasi difabel untuk mendaftar, Hertanto menegaskan Undip tidak membatasi akses seluruh warga negara untuk belajar di Undip, termasuk bagi kaum difabel.

Namun, kata dia, memang ada beberapa prodi yang menetapkan aturan untuk tingkat disabilitas tertentu, seperti kedokteran yang tidak memperbolehkan pendaftar buta warna karena berkaitan dengan profesi. "Itu masing-masing prodi yang sudah dipertimbangkan matang berkaitan dengan potensi menyelesaikan studi dan kelanjutan profesinya nanti. Jadi, tidak kemudian semua anak difabel dibatasi," katanya.

Bahkan, kata dia, tidak ada satu pun prodi di Undip yang menetapkan persyaratan pembatasan bagi penyandang tunadaksa, atau dengan kata lain penyandang tunadaksa boleh mendaftar di seluruh prodi. "Ini bukti kalau Undip merupakan kampus yang peduli. Kami tidak membeda-bedakan calon mahasiswa. Semuanya memiliki hak untuk berkuliah di jurusan yang diinginkannya di Undip," kata Hertanto.

0 comments on Pendaftar SNMPTN Undip capai 56.832 orang :