2 Hal yang perlu di perhatikan untuk lulus SNMPTN

Share on :
Dalam penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ada 2 hal utama yang menjadi pertimbangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam memilih kandidat untuk menjadi mahasiswa baru. Ketua Panitia Pelaksanaan SNMPTN Ganjar Kurnia mengatakan, kedua hal penting tersebut yakni pertama, rekam jejak sekolah dan prestasi siswa sekolah tersebut. "Istilahnya indeks prestasi sekolah dan indeks prestasi siswa," ujar Ganjar di Pecenongan, Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Dia menjelaskan, hal-hal yang akan diperhatikan adalah akreditasi sekolah, berapa siswa sekolah tersebut yang diterima di PTN, dan rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) para alumni sekolah tersebut. "Jadi nanti dilihat kakak-kakak kelasnya banyak nggak yang diterima di PTN.

IPK alumni-alumninya juga dilihat. Sama akreditasi juga," jelas Ganjar. Setelah prestasi sekolah, PTN kemudian melihat prestasi para siswa sekolah tersebut, seperti nilai rapor dan prestasi di luar akademis, misalnya juara lomba kesenian. "Prestasi para siswanya baru habis itu dilihat. Nilai rapornya dilihat. Kalau ada prestasi lainnya di luar akademis juga menjadi pertimbangan," tambah Rektor Universitas Padjajaran itu.

Meski demikian, Ganjar tidak menutupi jika nanti akan ada hal-hal lain yang bisa menjadi pertimbangan PTN-PTN dalam memilih calon mahasiswanya. "Semua itu kan kewenangan rektor masing-masing PTN, jadi mungkin saja ada tambahan variabel. Itu juga tergantung dari program studi yang diambil siswa," ungkapnya. "Misalnya, Fakultas Kedokteran maunya menerima mahasiswa yang nilai UN-nya tinggi di mata pelajaran eksakta. Atau kalau Prodi Sastra Sunda misalnya, kalau saya maunya menerima siswa yang nilai UN Bahasa Inggrisnya bagus. Itu semua kewenangan masing-masing PTN," contoh dia.

Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada 17 Februari-31 Maret 2014. Sebelum mengikuti seleksi masuk, sekolah-sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data sekolah dan prestasi siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Untuk panduan pendaftarannya silahkan klik dini.

 Bagikan ketemen2 supaya bisa saling menginfokan.

By: Informasi snmptn dan sbmptn

0 comments on 2 Hal yang perlu di perhatikan untuk lulus SNMPTN :