SNMPTN UNDIP Tak Kenal Bangku Cadangan

Share on :
Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tidak pernah mengenal istilah bangku cadangan. Jadi, bila kemudian terdapat kursi yang tidak terisi mahasiswa, panitia sama sekali tidak mempertimbangkan mengganti posisinya dengan calon cadangan.

Penegasan itu, dikemukakan Rektor Undip Prof Sudharto PH MES PhD. ''Berbeda dengan penjaringan atau seleksi umumnya, SNMPTN tidak mengenal cadangan. Jadi, sekali posisi dalam prodi yang diambil tidak terisi akan tetap dikosongkan,'' tutur mantan Deputi Menteri Lingkungan Hidup itu. Kondisi ini menjadikan Rektor meminta calon mahasiswa benar-benar cermat menentukan program studi pilihan.

Banyak contoh, kekosongan kursi diakibatkan ketidakcermatan memilih program studi. Beberapa mahasiswa kemudian enggan mendaftar ulang lantaran merasa tidak cocok dengan program pilihan mereka sendiri. Padahal saat itu namanya sudah resmi tercatat sebagai calon mahasiswa yang lolos seleksi SNMPTN. Ini, yang kemudian dinilai menyia-nyiakan kesempatan dan merugikan peluang calon mahasiswa lain. ''Kalau sudah muncul kasus seperti ini banyak yang akhirnya dirugikan.

Tak hanya PTN yang kursinya kosong tapi juga menyia-nyiakan kesempatan yang seharusnya bisa diisi orang lain,'' ungkap dia. Undip menyarankan siswa benar-benar mencermati program studi pilihan mereka. Jangan sampai kemudian sudah diterima malah mengundurkan diri membuat bangku kuliah kosong. Rektor pun mengemukakan peluang lulusan SLTA, sangat besar mengikuti jalur tes masuk undangan ini. Pemerintah bahkan memberlakukan kuota mencapai 50 persen dari keseluruhan total kebutuhan PTN akan mahasiswa.

Sisanya 50 persen lain akan dipenuhi melalui jalur masuk SBMPTN dan UM. Ketentuan itu juga bagian dari perhatian negara atas jerih payah pembelajaran di SMA, SMK, dan MA. Meski demikian, Undip menerapkan seleksi ketat dalam pelaksanaannya mengingat SNMPTN mengandalkan penilaian prestasi berdasarkan rapor siswa. Seleksi mempertimbangkan portofolio sekolah bersangkutan.

Selebihnya juga dipertimbangkan akreditasi dan prestasi yang diraih sekolah, selain nilai rapor yang didapatkan siswa.

0 comments on SNMPTN UNDIP Tak Kenal Bangku Cadangan :