Tips Menghadapi Soal SBMPTN Kemampuan Dasar

Share on :
Tips Menghadapi Soal Ujian SBMPTN

Secara umum, soal-soal snmptn diracang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yang pola soalnya mirip dengan soal-soal yang telah ada. Namun, tidak sedikit dari beberapa teman kita terkadang salah dalam belajar soal-soal sbmptn ini, yang patut diingat, SBMPTN sama sekali bukan ulangan harian sekolah, yang biasanya kita ketahui dengan pasti cara pengerjaan soalnya sesuai teori yang diberikan. Namun, cara penyelesaian soal sbmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertamakali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana menguasai setiap konsep dalam tiap butir soal sbmptn. Pasalnya, soal-soal yang terlihat sulit di SBMPTN, seringkali hanya karena kita tidak paham bagaimana melihatnya dari sudut yang lebih sederhana.

SBMPTN

Banyak teman kita yang ketika melihat soal-soal yang cukup kompleks, mereka cenderung menghindar, padahal, bisa saja soal sejenis pernah mereka kerjakan, namun karena kurangnya penguasaan konsep tiap soal, maka gagalah soal itu untuk bisa ia kerjakan. Oleh karena itu, pengusasaan konsep dari pasal-pasal snmptn sangat penting untuk kita kuasai. Sesuai dengan judul di atas, admin akan sedikit berbagi bagaimana cara mempelajari soal-soal snmptn sesuai dengan karekteriskitnya masing-masing:

- Kemampuan Dasar -

1. Matematika Dasar
Mungkin, ini adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki nilai standar rata-rata nasional yang cukup tinggi. Yang jelas, mata pelajaran mat-das ini adalah kesempatan besar bagi peserta snmptn untuk memperoleh poin maksimal di SBMPTN hari pertama. Patut diperhatikan, dalam mengerjakan soal mat-das seperti ini, terkadang bukan rumus yang kita pergunakan, tapi bagaimana kita mentrnsformasikan visualisasi dari soal-soal mat-das dalam bentuk persamaan matematika yang lebih umum.


2. Bahasa Indonesia
Mengenai mapel yang satu ini, admin tidak bisa bicara banyak mengenai tips mengerjakan soal-soalnya. Namun, jikalau bisa, Anda harus menguasai beberapa topik yang sering muncul dalam mata pelajaran ini. Contohnya; kutipan langsung, kalimat utama, daftar pustaka, dll. Hal ini akan sangat membantu apabila muncul beberapa jenis soal yang sudah kita kuasai konsepnya. Paling tidak, anda bisa memastikan angka lebih di mapel ini.

3. Bahasa Inggris
Sejak tahun 2010, mata pelajaran ini selalu dihiasi teks-teks panjang berbahasa inggris dan kita disuruh mencari suatu jawaban berdasarkan tulisan tersebut. Tahun 2010 dan 2011 pun boleh dikatakan tidak keluar aturan grammar untuk ujian mata pelajaran ini. Oleh karena itu, perlu kira kuasai kemampuan membaca teks cepat dengan menandai bagian-bagian penting dari teks tersebut (annotating text). Yang pasti, usahakan sebelum membaca artikelnya, kita melihat dulu hal yang dipermasalahkan dalam soal.




0 comments on Tips Menghadapi Soal SBMPTN Kemampuan Dasar :