Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Share on :

SBMPTN


SBMPTN merupakan program ujian masuk PTN secara tertulis yang diselenggarakan Undip bersama 61 PTN lain. Tujuannya, menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dan memberi peluang kepada calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.
SBMPTN sekaligus seleksi hasil ujian tertulis dengan atau tanpa ujian keterampilan. SBMPTN dapat diikuti oleh siswa yang telah lulus UN 2011, 2012, dan 2013. Ini berbeda dari SNMPTN yang hanya diikuti siswa yang akan lulus UN pada tahun ini. SNMPTN adalah pola seleksi berdasarkan prestasi akademik. 

SBMPTN


Berbeda dari tahun lalu, tahun ini peserta dapat memilih tiga program studi sesuai dengan kelompok, yakni sain dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) atau campuran. Kelompok ujian saintek dapat memilih program studi dari kelompok program studi sain dan teknologi,  sedangkan kelompok ujian soshum dapat memilih program studi dari kelompok program studi sosial dan humaniora.
Kemudian Kelompok ujian campuran dapat memilih campuran dari program studi kelompok sain dan teknologi serta sosial dan humaniora.



Sudharto menjelaskan, peserta ujian dalam SBMPTN tahun ini akan mengerjakan jenis soal yang terdiri atas tes potensi akademik (TPA). Selebihnya tes kemampuan dasar umum (TKDU) yang terdiri atas kemampuan matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.


Selain itu, juga tes kemampuan dasar saintek (TKD Saintek) yang terdiri atas kemampuan matematika, biologi, kimia, dan fisika. Selanjutnya tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.
Pembayaran biaya seleksi melalui Bank Mandiri pada 10 Mei - 4 Juni 2013, sedangkan pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada 13 Mei pukul 8.00 - 7 Juni 22.00 secara online. Ujian tertulis dilakukan pada 18 - 19 Juni 2013 dan ujian keterampilan dilaksanakan pada 20 - 21 Juni. Hasil ujian akan diumumkan pada 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 .

0 comments on Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri :