Berbagi Tips Agar Lolos SNMPTN

Share on :

Tentang SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan ajang tahunan untuk menjaring siswa atau calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri. Buat teman-teman yang lagi bingung gimana caranya agar bisa lolos SNMPTN 2013, saya punya tips untuk teman-teman yang mungkin bisa membantu. Ini pengalaman pribadi saya yang Alhamdulillah tahun kemarin lolos lewat jalur SNMPTN Tulis 2012 dan di terima di Universitas Brawijaya Malang.

Disini saya hanya membahas tips bagaimana lolos SNMPTN Tulis. Sebelum menghadapi SNMPTN Tulis atau sekarang yang berubah nama menjadi SBMPTN, tentunya teman-teman pasti akan menghadapi Ujian Nasional (UAN) terlebih dahulu. Disini yang perlu dilakukan adalah fokus terlebih dulu terhadap UAN. Sebenarnya soal-soal SNMPTN Tulis masih bersangkutan dengan soal-soal UAN hanya saja soal pada SNMPTN Tulis lebih kompleks dan bervariatif. Setelah UAN usai, jangan terlalu bersenang-senang selagi menunggu pengumuman kelulusan. Gunakan waktu kalian setidaknya belajar walaupun cuma sebentar. 

Jangan samakan kalian dengan teman lain yang mungkin sudah masuk Jalur Undangan (SNMPTN) yang tinggal menunggu pengumuman. Setelah UAN biasanya ada jeda kira-kira 1 bulan sebelum dilaksanakan SNMPTN Tulis. Waktu tersebut gunakanlah sebaik-baiknya. Buatlah kelompok belajar atau mengikuti bimbingan belajar. Gunakanlah kegiatan tersebut untuk mendalami soal-soal SNMPTN Tulis. Biasanya soal SNMPTN Tulis dari tahun ke tahun soalnya hampir sama atau mirip. Jadi perbanyaklah latihan soal (PENTING!). Kemudian pemilihan program studi, perhatikan dalam passing grade program studi yang kalian pilih. Ukurlah program studi yang kalian pilih sesuai dengan kemampuan kalian. Jangan sekedar mengikuti teman, atau ikut-ikutan karena program studi tersebut keren. Carilah info mengenai program studi yang akan kalian pilih, sesuaikan dengan minat dan bakat kalian dan jangan asal pilih karena pilihan disini sangat menentukan. Setelah memilih dan akan menghadapi SNMPTN Tulis, (harus dipastikan lulus UAN terlebih dahulu) mintalah doa restu orang tua sebelum mengikuti tes. Mengerjakan soal juga ada tricknya. 

Jangan paksakan kalian mengerjakan semua soal, karena di tes ini jika kalian salah mengerjakan soal akan dikenai poin (-). Jadi kerjakan soal yang menurut kalian benar dan kalau terpaksa harus memilih jawaban dengan sembarangan (kepepet nggak bisa) pastikan pilihan itu tidak kalian lakukan dengan banyak karena ada kemungkinan jawaban itu salah. Kerjakan soal-soal dengan tenang dan jangan harap kalian bisa mencontek! SNMPTN tulis itu benar-benar murni dan dijaga dengan ketat. Lakukan yang terbaik dengan usaha kalian sendiri. Dan jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan tes. Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Tes Potensi Akademik SBMPTN dan Jawabannya


1 comments:

Unknown said... December 17, 2013 at 5:51 AM

Terima kasih atas infonya gan, info agan sangat bermanfaat sekali. Tapi jangan lupa kunjungi juga www.pasarsepatu.com menyediakan berbagai macam SEPATU BRANDED terlengkap, bergaya dan mode-mode terkini, dan beberapa produk seperti topi, kupluk, celana surfing, kaos jersey, rip curl, billabong dan celana jeans. kami siap menjadi mitra kepercayaan anda. atau klik http://www.pasarsepatu.com/products/9/0/SEPATU-REEBOK-RUNNING/ atau Anda ingin informasi up to date mengenai produk terbaru kami ? segera hubungi admin kami di 081392246699 atau pin BB 2A9E3842. Terima kasih.