Semua Siswa Bisa Daftar SNMPTN

Share on :

Semua Siswa bisa daftar SNMPTN 2013

Semua siswa peserta Ujian Nasional SMA/MA/SMK 2013 berhak mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Akan tetapi, data mereka harus dimasukkan dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan direkomendasikan oleh kepala sekolah.

Hal itu mengemuka kembali pada sosialisasi SNMPTN di Unnes kampus Sekaran Gunungpati, Kamis (3/1).
Narasumber dalam sosialisasi itu, Kepala UPT Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, Ketua Badan Pengembangan Teknologi dan Informasi (BPTIK) Unnes Sugiyanto, serta anggota tim sosialisasi Suhadi dan Ali Formen. Adapun, sosialisasi diikuti para kepala SMA/MA/SMK se-Kota Semarang, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

Kepala UPT Humas Unnes sekaligus Ketua Tim Sosialisasi SNMPTN, Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 lalu berbeda dengan SNMPTN tahun ini. "Pada tahun 2013 ini semua siswa boleh direkomendasikan dan didaftarkan dengan menggunakan nilai raport dan prestasi lain," ungkapnya.
Pendataan di PDSS sudah dilakukan oleh kepala sekolah semenjak 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013.

"Tidak hanya nilai raport siswa kelas XII yang mesti diisikan, tetapi juga kelas X dan XI. Sehingga jangan pernah beranggapan siswa tertentu tidak akan mendaftar dan kemudian tidak mengisikan datanya ke PDDS. Sebab, dengan begitu berarti merampas hak siswa," kata Sucipto.
Sementara itu, Sugiyanto yang juga Sekretaris Tim Sosialisasi SNMPTN menyampaikan, tidaklah sulit untuk mengisikan nilai raport semua siswa ke pangkalan data itu. "Tinggal copy paste, nggak sampai satu jam selesai. Bukankah sudah ada data base nilai dalam format digital,"ujarnya.

0 comments on Semua Siswa Bisa Daftar SNMPTN :